Monday, December 17, 2012

Adek

Pagi-pagi benar Syawal kedatangan tamu; seorang teman bernama Adek. Dia jauh-jauh datang dari Tanjung Priok khusus menemuinya pagi itu. Waktu tamu itu datang Syawal masih sibuk membersihkan lumpur di lantai ruang tamunya. Bekas banjir semalam. Semua barang dan perabot di letakkan di lantai dua rumahnya yang kecil. Anak dan istrinya sudah mengungsi ke rumah orang tuanya di wilayah Kali Mati Bendungan Hilir, yang menurut kabar tak urung terkena banjir juga.
            Adek, sang tamu itu, dulu dikenalnya sewaktu masih menjadi tukang palak di wilayah Rawa Bebek Jakarta Utara. Waktu itu Syawal sering bolak-balik ke Rawa Bebek untuk membantu membuatkan rancangan penataan lingkungan pemukiman di bawah kolong tol. Wilayah yang padat memang, dan tidak layak huni juga sebetulnya. Tetapi gubernur waktu berjanji memberi tenggang waktu sekitar 2 tahun kepada penduduk untuk tetap bermukim di kolong tol sembari menanti saat mereka bisa menempati lokasi pemukiman yang baru. Syaratnya, mereka harus merapikan, merawat, dan menjaga lingkungan. Saat itulah Syawal berkenalan dengan Mbak Wartiyah, Mang Ucha, Pak Neon, Pak Kliwon, dan tentu saja : Adek. Dan pada satu peristiwa dikala gubernur dengan ‘berat hati’ tidak bisa lagi memenuhi janjinya kepada penduduk, yakni memberi tenggang waktu selama 2 tahun, sebaliknya demi kampanye pemilihan dirinya sebagai calon gubernur baru yang membutuhkan slogan keindahan kota untuk mengangkat citranya, maka pemukiman kolong tol harus menjadi sesaji-tumbal. Berhamburanlah mereka para penduduk pada suatu malam, menyelamatkan diri dari api yang cepat sekali melahap rumah-rumah triplek tanpa beton. Beberapa dari mereka ada yang melawan, termasuk Adek, yang membuahkan cacat pincang pada kakinya.
            Selepas peristiwa itu Syawal tidak lagi membantu penduduk kolong tol. Dia berkonsentrasi pada pekerjaan barunya : mengerjakan Mall mewah, renovasi rumah para presiden direktur perusahaan ternama, hotel, dan lain sebagainya. Beberapa proyek kecil juga dia kerjakan. Bukan untuk mencari untung tetapi memberi peluang kerja kepada seorang juru gambar yang tidak pernah mengenyam pendidikan formal, yaitu Adek. Ya, Adek sang preman Rawa Bebek diajarinya membuat gambar kerja. Dengan komputer? Oh, tentu tidak. Cukup bermodalkan kertas putih berukuran A3, pensil, drawing pen ukuran 0.3 dan o.6, spidol kecil dan besar, dan juga penggaris skala. Awalnya, Adek yang dipekerjakan di proyek sebagai office boy dan penjaga gudang, dimintanya juga membantu merevisi gambar kerja handsdrawing. Tidak membuat gambar baru. Cukup menebalkan garis-garis yang sudah direvisi sesuai titah Syawal. Tetapi lama kelamaan si mantan tukang palak itu mewarisi bakatnya dalam menarik garis, lengkap dengan teknik mengatur ketebalan dan menjaga kestabilan. Suatu bakat yang tidak pernah disadari oleh si pemilik tubuh itu sendiri. Melihat fenomena ini Syawal berinisiatif meningkatkan kemampuan si Mas Preman yang sudah mantan itu. Caranya, Adek dititipkan kepada Pak Tugas Waluyo, menjadi asisten supervisor. Dari Pak Tugas dia belajar membuat marking, menjidar, membuat kerangka, memasang backing dan penutup. Hasilnya, lambat namun pasti si mantan tukang palak bisa memahami tahap demi tahap konstruksi sederhana. Dengan kemampuan barunya itu dia mampu ‘menghidupkan’ gambar kerja, yang teknik menggambarnya sudah dikuasainya.
            Sampai suatu ketika, di suatu malam sepi kala tukang-tukang beristirahat, Adek menghadap Syawal dan mengabarkan bahwa sebuah biro konsultan kecil tetapi berskala international meminangnya. Katanya, Arsitek pemilik biro tersebut menyukai gambar yang dibuat oleh Adek. Kebenaran logika konstruksinya, tarikan garis tangannya yang mengesan, juga pengaturan notasi yang rapi mengingatkan si Arsitek waktu masih berkarya di Amerika. Ah, mendengar penjelasan Adek, Syawal jadi tersadar. Teknik gambar yang diajarkan kepada Adek adalah teknik yang diperolehnya dari seorang arsitek Amerika nun  7 tahun yang lalu, waktu Syawal masih bekerja sebagai arsitek yunior di sebuah konsultan ternama. Sebuah teknik yang menjadi ciri khas biro konsultan arsitektur terkenal di dunia : Helmuth Obata and Kassabaum. Syawal tersenyum. Dalam hatinya berpikir bahwa si mantan tukang palak ini, yang ditemukan di kekumuhan Rawa Bebek, mulai bergerak mendunia. Dia menguasai teknik menggambar yang hampir punah. Sebuah teknik jitu untuk diterapkan di lapangan terutama dalam keadaan mendesak dan tidak tersedia perangkat komputer. Dan si arsitek Amerika itu, ya ya, mereka memang jenis manusia yang tidak peduli dengan status pendidikan. Apapun pendidikan seseorang, jika dia mampu maka layak diberi kesempatan.
            Pagi-pagi benar Syawal kedatangan tamu; seorang teman bernama Adek. Dia jauh-jauh datang dari Tanjung Priok khusus menemuinya pagi itu. Dia hendak pamit, memasuki kehidupan barunya di Bali dengan posisi dan gaji yang lebih baik.

“Sudah mantep, Dek?” Syawal bertanya. Kakinya mengibas-ngibaskan air.
“Sudah, Mas. Terimakasih”. Lirih suaranya.
“Ya. Sama-sama. Salamku untuk Mr. Hayden”.

Hening. Mata Adek membasah. Akhirnya dia berucap lagi,

“Terimakasih sekali lagi, Mas. Aku ...”
“Sudah-sudah ... masa lalu jangan jadi beban. Lihat ke depan. Yang penting jangan lupa sholatmu. Jangan lupa juga sama adik-adikmu. Si Wanto, adikmu, masih jadi porter di Beos?”

            Ketika Adek melangkah keluar rumah, langit mulai tampak benderang. Syawal memandangi posturnya yang kurus namun tegap. Kakinya masih tetap pincang, tetapi berani bangkit dan berjalan. Syawal sadar dia tidak bisa memberikan banyak hal untuk orang macam Adek. Tapi pikirnya, manusia macam Adekpun adalah citra Tuhan. Adek memiliki kehidupannya, tubuh dan potensinya, dan Tuhannya yang setia mendukungnya. Tugas sesamanya, seperti Syawal sendiri, hanya memberi tempat untuk istirahat sejenak, mengingatkan potensi yang dimilikinya, dan selebihnya biarlah dia bangkit dan berjalan sendiri bersama Tuhannya, meskipun masih tertatih pincang.

17 comments:

Maria W Sarsanti said...

nice story mas. Hal kecil yg bisa membuat seseorang menjadi besar

mkbmssps.blogspot.com said...

:). Syawal. gambaran kebesaran hati dan kerendahan hati. meski yang diajarinya menjadi lebih Top, hatinya tetep "DAMAI"

Anonymous said...

I am not sure where you're getting your info, but good topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for great info I was looking for this info for my mission.

my webpage -
Also see my webpage -

Anonymous said...

Amazing! Its really remarkable paragraph, I have got much clear idea on the topic of from this paragraph.


Have a look at my web blog -
Also see my site ::

Anonymous said...

These are really fantastic ideas in about blogging.
You have touched some pleasant things here. Any
way keep up wrinting.

Review my website :: günstige krankenversicherung für selbständige
My blog post ;

Anonymous said...

hello there and thank you for your info – I've definitely picked up anything new from right here. I did however expertise a few technical points using this web site, since I experienced to reload the site many times previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will often affect your placement in google and can damage your high-quality score if advertising and marketing with Adwords. Anyway I am adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective intriguing content. Make sure you update this again soon.

Feel free to surf to my blog: private krankenversicherung vergleich 2012
Here is my web blog ::

Anonymous said...

This post will assist the internet viewers for building up
new website or even a weblog from start
to end.
Here is my weblog : pkv wechsel

Anonymous said...

For newest information you have to visit internet and on the web I found this
web page as a best web page for latest updates.
my website > Cheap Island Vacations All Inclusive

Anonymous said...

Greate article. Keep posting such kind of information on
your page. Im really impressed by it.
Hello there, You have done an incredible job.
I'll certainly digg it and individually suggest to my friends. I am sure they'll be benefited from this website.



Review my blog; island vacation

Anonymous said...

There's definately a great deal to learn about this subject. I love all of the points you made.

My webpage - website hosting canada

Anonymous said...

Its like you read my mind! You appear to know so much about this, like you wrote
the book in it or something. I think that you could do with a few pics to drive the message home
a bit, but other than that, this is magnificent blog. A fantastic
read. I'll certainly be back.

Here is my blog post ... Equity Loans With Bad Credit
my webpage :: home equity line of credit for people with bad credit

Anonymous said...

I do trust all of the ideas you've offered for your post. They're
really convincing and will certainly work. Nonetheless, the posts are too brief for novices.
May you please extend them a bit from next time?
Thanks for the post.

My web blog ... newport rhode island vacation rentals

Anonymous said...

I visited many web sites however the audio
quality for audio songs current at this web page is actually excellent.


Look into my weblog windows shared hosting

Anonymous said...

Hi there I am so thrilled I found your web site, I really found you by error, while I was
searching on Aol for something else, Anyways I am here now and
would just like to say thanks for a tremendous post and a
all round exciting blog (I also love the theme/design), I don't have time to read through it all at the moment but I have book-marked it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the excellent work.

My website ... tropical island vacation packages

Anonymous said...

nunggu Tulisan berikutnya :)

Anonymous said...

setelah tulisan yang ini.... kapan lagi yah ada tulisan baru? :)

Anonymous said...

I think this is among the most vital information for me. And i am glad reading your article. But should remark on some general things, The site style is great, the articles is really nice : D. Good job, cheersสล็อตออนไลน์